Ini adalah posting blog ke sekian kalinya yang dengan sukses aku ciptakan… ehm… mungkin istilahnya bukan sukses, tapi lebih tepatnya dipaksain buat jadi sukses… Yup… bener bangetz… berulang kali aku coba bikin Blog, berulang kali juga aku coba untuk poztingin sesuatu yang menurut aku menarik dan berulang-ulang kali juga aku coba promosiin blog bikinan aku lewat jejaring sosial, Ya… semacam Facebook lah… Twitter lah… ato mungkin cuman dari mulut ke mulut…..
Aku bukan orang yang jago-jago amat bikin blog, nulis-nulis cerpen, atau cerjang *cerita panjang, nulis puisi atau bahkan lagu… aku belum ahli-ahli banget buat bikin yang begituan. Mungkin kalau ditanya awal mula kenapa bisa bikin blog, jawabannya hanya 1 “Pengen Aja”.
Aku orangnya demen banget coba sesuatu yang baru, dari TK aku suka banget gambar dan mewarna, sering juga ngikutin kejuaraan mewarna tingkat RT di kampung dan aku termasuk peserta berprestasi waktu itu…. “waktu itu..”.
 aku pernah ikutan lomba mewarnai di salah satu Department Store yang ada di Malang *Kota kelahiran aku dan akhirnya menang en dapet hadiah buat naik pesawat Hercules punya bapak-bapak tentara yang biasanya dipake buat perang. Kalo ditanya perasaannya waktu itu.. hm… mungkin campur aduk karena gak pernah ngebayangin sebelumnya tentang apa en gimana pesawat Hercules itu.. bahkan bentuk pesawat hercules kaya’ apa aja aku gak pernah ngerti sebelumnya..
saking excitednya sehari sebelum berangkat aku sibuk untuk nyiapin ini dan itu, mulai dari perbekalan aer minum, snack, kostum sampe sibuk milih2 asesoris yang besok mau dipake.. sementara di tempat yang berbeda,,, ortu sibuk buat nyiapin kamera dan nyusun strategi gimana caranya biar besok gak telat sampe di bandara.
Saking gak sabarnya untuk nungguin keesokan harinya, aku mutusin untuk begadang semaleman suntuk.. dengan harapan biar besok bisa lebih awal memulai persiapannya dan gak bakalan telat sampe di bandara…. Dan bener aja, besoknya sesuai dengan rencana awal, kita dateng di TKP lebih awal dari temen2 yang laen.. pas banget waktunya sesuai dengan rencana awal.. kira2 15 menit setelah kami dateng, acara pun segera dimulai, semua peserta kumpul di tempat yang udah di tentuin dan mendengarkan sedikit pengarahan dari panitia…
Tiba saatnya pesawat take off, sementara aku masih sibuk buat cari-cari tempat duduk yang strategis.. dengan kriteria sebagai berikut:
1.       Bersih
2.       Dekat dengan jendela *biar gampang kalo mau melongo liat pemandangan diluar
3.       Dan deket sama pintu darurat *buat jaga2 kalo tiba2 pengen loncat bebas
4.       Deket ama kantin *emang ada??
Belum lagi pesawat take off, Perasaan dag dig dug deer mewarnai detik-detik terakhir sebelum pesawat benar-benar meninggalkan daratan bumi pertiwi untuk kembali menjelajah langit kota Malang. Sambil menunggu aku duduk tersipu malu di samping jendela bundar khas pesawat, dan tempat duduk pesawat Hercules yang mirip angkot mengakibatkan mau tidak mau kita harus duduk berhadap-hadapan…
Tak lama waktu berselang tiba2……… aku dikejutkan oleh suara kaki yang berlari-lari di depanku, seolah mereka ingin memperebutkan sesuatu.. aku segera beranjak dari tempat dudukku, *meskipun aku sebenarnya udah PW banget… untuk mencari sumber dari kekacauan tersebut.. masih terlihat manusia2 berhamburan untuk mendapatkan antrean pertama di dalam pesawat tersebut..
Oh… Tuhan.. tolonglah aku, mudahkan aku untuk memecahkan misteri dari semua ini..
Untuk memenuhi rasa penasaran yang begitu mengusikku, aku pun mulai bertanya pada salah seorang teman..
Aku: “hy… sorry numpang tanya, di depan pada mau kemana sech..?? ko’ kayaknya berebut antre gitu…???”
Teman: “Oh… Maksudnya orang yang lagi antre ini??”
Aku: “Ho oh…”
Teman: “ Ya iya lah…. Emang kamu gak mau turun??”
Aku: “HAH… Turun ?? Turun kemana??”
Teman: “Ya… Turun lah, emang kamu gak mau pulang?? Kita udah nyampek di bandara nich.. acaranya udah kelar..”
Aku: “Gila aja… kan kita belum berangkat…”
Teman: “Kamu tu kemana aja c? kita udah muter2 malang dari tadi tau??? Udah hampir sejam pesawatnya mondar-mandir diatas… Kamu ketiduran ya…”
Aku: “HAH…. SUMPE LOE…????”
(Suasana Hening Untuk Sesaat……)
Dengan perlahan aku mulai turun dari badan pesawat, dengan menyisakan ribuan pertanyaan yang senantiasa menggangguku…
lama aku telah bermimpi tentang ini, apa yang udah aku harapkan bakalan terjadi ternyata dengan bodohnya baru aku buang sia2 kesempatan itu beberapa menit yang lalu.. dan disana aku menyadari kalo ternyata pepatah yang menyebutkan kalo kesempatan gak akan mungkin datang dua kali bener2 pas banget sama situasi saat itu..
Begitu sampe di bandara orang tua ku pun menyambut kedatanganku dengan sangat suka cita, mereka sampai menangis terharu melihat anak yang sangat mereka sayangi dapat kembali lagi ke darat setelah menempuh petualangan angkasa seorang diri dan dalam kondisi tidur… akhirnya dalam perjalanan pulang terjadilah percakapan antara anak dan orang tua
Ortu: “ tadi diatas gimana? Seru?? Kamu takut gak?? Terus diatas liat apa aja? Ketemu gak sama bapak tentaranya? Tadi dikasih penjelasan apa aja? Fotonya mana? Tadi temen kamu ada yang nangis gak?”
Dan dengan polosnya aku jawab
Aku: “Gak ngerti ma, kan aku tidur………………….!!!!”
Ternyata bakat bego’ sudah ada sejak aku berumur 5 tahun
Dan ngomongin soal bakat berbakat…
Aku pernah denger dari siaran salah satu radio swasta di kota Malang, kaya’ semacam siaran radio yang membahas tentang sesuatu yang berbau kecerdasan dan kepandaian.. disana penyiarnya ngomong kalo pada dasarnya manusia itu memiliki 13 macam bakat yang sudah dibawa sejak lahir… makanya kadang ada orang yang terlihat sangat berbakat ato bahkan disebut sebut multi talented, terus disisi lain ada juga manusia-manusia malang yang disebut sebut kurang berbakat…
hm…..  kedengaran ironis memang….
aku juga sempet minder gara-gara aku ngerasa termasuk rombongan manusia kurang berbakat… bahkan lebih bego’nya lagi aku sering banget nyianyiain kesempatan emas yang udah ada didepan mata, padahal aku udah berusaha dan berdo’a biar keinginan itu bisa terwujud.. tapi giliran udah ada di depan mata.. dengan bego’nya aku biarin kesempatan itu lewat kaya’ gitu aja, dengan alasan lupalah.. ketiduran… gak nyadarlah.. banyak dah..
dan kebego’an ku ini lambat laun bikin aku jadi agak sedikit minder, saking mindernya aku sering mojok di kamar sendirian, rambut acak-acakan, jarang mandi, iler dimana mana, nyemillin bantal… poko’nya parah banget dach…
Tapi semenjak malam itu .. .. segala macam pemikiran negative tentang orang yang gak punya bakat tiba2 langsung hilang begitu saja, ibarat kata sebuah malam yang kelam dan mencekam, petir menyambar hujan lebat, daun-daun berguguran.. dalam sekejap berganti dengan sinar matahari yang hangat, angin sepoi mengalun, bunga bunga bermekaran, pelangi yang melengkung indah dalam pagi yang begitu cerah…. Wuszz…..
Dari titik itu, aku mulai bergerak untuk kembali menatap masa depan, cie…
Anggapan bahwa diriku termasuk rombongan manusia kurang berbakat hilang dalam sekejap, kalimat itu benar2 menyihir jiwa dan ragaku, sederhana, mantab dan menginspirasi..
Aku benar-benar percaya dengan fakta itu, kalau manusia diciptakan dengan 13 bakat yang sudah dibawa sejak lahir.. dan perbedaan dari orang yang terlihat memiliki bakat berlebih dan orang yang terlihat tidak memiliki bakat sama sekali hanya terletak dari bagaimana orang itu bisa mencari, menemukan dan mengembangkan bakat yang dimiliki..
Dan dari ke-13 bakat yang aku miliki, cuman satu yang aku tau…
Apa lagi kalo bukan Bego’,,,
Dan dari sini… aku ngerasa punya tugas baru, untuk mencari dan menemukan ke-12 bakatku yang masih tersembunyi entah dimana…
Segala sesuatu aku coba, mulai dari menjadi penyiar radio, mc, dancer ala2 CL, nyanyi, modeling, jadi bintang iklan *yang ini bo’ong, belajar jadi penjahit, sampe penjahat.. semuanya udah dilakonin.. termasuk bikin Blog ini…
Buat aku menulis adalah hal yang gak pernah terpikir sebelumnya, bahkan untuk sekedar ngebayangin aja gak pernah.. dulu aku mikir bikin karangan dan merangkai kata adalah hal yang bikin orang mati secara perlahan.. tapi semenjak 1 tahun terakhir aku mencoba untuk iseng nulis2 dan mostingin karya tulisan aku di Blog, karyaku juga gak sebagus temen2 ku yang lain ato bahkan mungkin cuman 1/3 dari karya penulis2 handal lainnya, tapi dengan terus menulis aku jadi bisa menemukan diriku dari sisi yang berbeda, membuatku bisa belajar untuk bisa memahami tentang sesuatu yang susah dimengerti dalam hidup,*sorry agak lebay… hehehe…  berawal dari iseng dan… yach… sapa tau aku punya bakat disini…
Itulah kenapa… penting banget untuk mencoba hal-hal yang baru en belum pernah kita coba sebelumnya… siapa tau ternyata kita punya bakat terpendam disitu.. selama kegiatan itu baik dan positif plus tidak merugikan orang lain.. kenapa enggak dicoba… J
Bukankah kita gak bakalan tau bisa atau tidak kalau kita belum mencoba..??!!!
SELAMAT MENCOBA

Salam Merdeka… 

Comments (0)